Thursday, May 8, 2008

Strategi Bull Call Spread, Bear Put Spread, Bear Call Spread dan Bull Put Spread

BULL CALL SPREAD

Bull call spread adalah strategi kombinasi dengan membeli call options (long call) dan menjual call options (short call) secara bersamaan dengan strike price yang berbeda dan jangka waktu yang sama. Hal yang dilakukan disini adalah dengan membeli call options dengan strike price yang lebih kecil (ITM atau ATM) dan menjual call options dengan strike price yang lebih besar (OTM). Strategi ini merupakan strategi yang mirip dengan long call namun untuk memperkecil premi yang dibayarkan maka di kombinasikan dengan strategi short call.

Kelebihan strategi ini hampir sama dengan strategi long call hanya modal yang digunakan lebih kecil sehingga resikonya juga lebih kecil. Sedangkan kekurangannya adalah potensi keuntungan juga jadi terbatas. Faktor time decay (penyusutan time value) akan menguntungkan jika posisi sedang menguntungkan, tapi sebaliknya time decay akan merugikan jika posisi sedang rugi.


BEAR PUT SPREAD

Bear put spread adalah strategi kombinasi dengan membeli put options (long put) dan menjual put options (short put) secara bersamaan dengan strike price yang berbeda dan jangka waktu yang sama. Hal yang dilakukan disini adalah dengan membeli put options dengan strike price yang lebih besar (ITM atau ATM) dan menjual put options dengan strike price yang lebih kecil (OTM). Strategi ini merupakan strategi yang mirip dengan long put namun untuk memperkecil premi yang dibayarkan maka di kombinasikan dengan strategi short put.

Kelebihan strategi ini hampir sama dengan strategi long put hanya modal yang digunakan lebih kecil sehingga resikonya juga lebih kecil. Sedangkan kekurangannya adalah potensi keuntungan juga jadi terbatas. Faktor time decay (penyusutan time value) akan menguntungkan jika posisi sedang menguntungkan, tapi sebaliknya time decay akan merugikan jika posisi sedang rugi.


BEAR CALL SPREAD

Bull call spread adalah strategi kombinasi dengan menjual call options (short call) dan membeli call options (long call) secara bersamaan dengan strike price yang berbeda dan jangka waktu yang sama. Hal yang dilakukan disini adalah dengan menjual call options dengan strike price yang lebih kecil (ITM atau ATM) dan membeli call options dengan strike price yang lebih besar (OTM). Strategi ini merupakan strategi yang mirip dengan short call namun untuk memperkecil kerugian yang unlimited maka di kombinasikan dengan strategi long call.

Kelebihan strategi ini hampir sama dengan strategi short call hanya potensi kerugiannya sudah dibatasi. Sedangkan kekurangannya adalah potensi keuntungan lebih kecil dari strategi short call karena harus membayar premi tambahan dengan membeli call options nya. Faktor time decay (penyusutan time value) akan menguntungkan jika posisi sedang menguntungkan, tapi sebaliknya time decay akan merugikan jika posisi sedang rugi.


BULL PUT SPREAD

Bull call spread adalah strategi kombinasi dengan menjual put options (short put) dan membeli put options (long put) secara bersamaan dengan strike price yang berbeda dan jangka waktu yang sama. Hal yang dilakukan disini adalah dengan menjual put options dengan strike price yang lebih besar (ITM atau ATM) dan membeli put options dengan strike price yang lebih kecil (OTM). Strategi ini merupakan strategi yang mirip dengan short put namun untuk memperkecil kerugian yang unlimited maka di kombinasikan dengan strategi long put.
Kelebihan strategi ini hampir sama dengan strategi short put hanya potensi kerugiannya sudah dibatasi. Sedangkan kekurangannya adalah potensi keuntungan lebih kecil dari strategi short put karena harus membayar premi tambahan dengan membeli put options nya. Faktor time decay (penyusutan time value) akan menguntungkan jika posisi sedang menguntungkan, tapi sebaliknya time decay akan merugikan jika posisi sedang