Wednesday, May 7, 2008

Beberapa Strategi Kombinasi Saham dan Options

Selain keempat strategi dasar options (strategi tanpa kombinasi) , ada juga beberapa strategi kombinasi saham dengan options yaitu :

1. Covered Call, yaitu strategi dengan mengkombinasi pembelian saham (buy stock) dan penjualan call options (short call) sekaligus. Perlu diperhatikan disini adalah dengan menjual 1 kontrak call options (misal saham ABC) maka kita harus memiliki atau membeli 100 lembar saham ABC tersebut.

Dengan strategi ini kita diwajibkan menjual saham yg kita miliki pada harga perjanjian (strike price) apabila call options tersebut di exercise oleh orang yang membeli options tersebut selama jangka waktu yang berlaku.


Kelebihan strategi ini :
a. Investor tetap mendapatkan keuntungan meskipun saham bergerak sideways (tetap)
b. Investor pemilik saham mendapatkan passive income dari penjualan call options

Kekurangan strategi ini :
a. Keuntungan terbatas
b. Kerugian tak terbatas apabila terjadi penurunan saham yang drastic atau gap down
c. Butuh modal yang besar karena kita harus membeli saham nya


2. Protective Put, yaitu strategi dengan mengkombinasi pembelian saham (buy stock) dan pembelian put options (Long Put) sekaligus. Strategi dengan membeli Put Options ini bertujuan sebagai asuransi apabila harga saham turun, karena kita berhak menjual saham yang kita miliki tersebut ke pihak penjual Put Options di harga strike price nya selama masa berlakunya kontrak options tersebut.

Kelebihan strategi ini :

a. Sebagai asuransi atau perlindungan nilai terhadap saham yang kita miliki apabila terjadi penurunan harga saham yang drastis atau terjadi gap down
b. Potensi kerugian terbatas

Kekurangan stretegi ini :
a. Butuh modal yang besar karena kita harus membeli saham nya
b. BEP yang lebih tinggi karena harus mengeluarkan dana untuk membeli put options


3. Collar, yaitu strategi dengan mengkombinasi pembelian saham (buy stock), pembelian put options (Long Put) dan penjualan call options (Short Call) secara bersamaan. Strategi ini membatasi kerugian dengan membeli put options (sebagai asuransi) tetapi juga membatasi keuntungan dengan menjual call options. Dengan strategi ini berarti kita memiliki kewajiban untuk menjual saham di harga strike price jika pihak pembeli call options meng exercise sebelum expiration. Dengan strategi ini juga kerugian kita dibatasi apabila harga saham turun drastic karena penlindungan nilai dengan membeli put options.


Kelebihan strategi ini :
a. Resiko yang sangat kecil

Kelebihan strategi ini :
a. Potensi keuntungan yang terbatas dan perlu jangka waktu yang lama (sampai berakhirnya masa berlaku options) untuk merealisasikan keuntungan
b. Butuh modal yang besar karena harus membeli saham dan membeli put options