Monday, May 5, 2008

Strategi Dasar Options

Ada 4 strategi dasar options yaitu :

1. Long Call yaitu dengan membeli Call Option
2. Long Put yaitu dengan membeli Put Option
3. Short Call yaitu dengan menjual Call Option
4. Short Put yaitu dengan menjual Put Option

Ada beberapa stategi lainnya yang merupakan kombinasi 2 atau 3 strategi diatas ataupun dikombinasikan dengan membeli saham nya sendiri.

Mari kita bahas masing-masing strategi tersebut termasuk beberapa strategi kombinasinya

1. Long Call yaitu dengan membeli Call Option yang merupakan strategi sederhana yang mempunyai leverage (daya ungkit) dibandingkan dengan hanya membeli saham nya. Membeli 1 kontrak call options berarti kita mempunyai hak (tanpa kewajiban) untuk membeli 100 lembar saham pada strike price (harga perjanjian) setiap saat selama masa berlakunya kontrak. Strategi ini dilakukan jika kita memperkirakan harga saham akan naik. Maksimum keuntungan dengan strategi ini tak terbatas, seiring dengan kenaikan harga sahamnya, sedangkan maksimum resikonya terbatas, senilai premi call option yang dibayarkan.


Kelebihan strategi ini
a. Modal yang digunakan kecil
b. Maksimum keuntungan tak terbatas
c. Resiko kerugian terbatas.

Kekurangan strategi ini :
a. Pengaruh time decay (penyusutan time value) merugikan
b. BEP (break even point) yang lebih tinggi disbanding membeli saham

2. Long Put yaitu dengan membeli Put Option. Membeli 1 kontrak put options berarti kita mempunyai hak (tanpa kewajiban) untuk menjual 100 lembar saham pada strike price (harga perjanjian) setiap saat selama masa berlakunya kontrak. Strategi ini dilakukan jika kita memperkirakan harga saham akan turun. Maksimum keuntungan dengan strategi ini tak terbatas, seiring dengan penurunan harga sahamnya, sedangkan maksimum resikonya terbatas, senilai premi put option yang dibayarkan

Kelebihan strategi ini
a. Modal yang digunakan kecil
b. Maksimum keuntungan tak terbatas
c. Resiko kerugian terbatas.

Kekurangan strategi ini :
a. Pengaruh time decay (penyusutan time value) merugikan
b. BEP (break even point) yang lebih rendah dibanding short sell saham
3. Short Call (sering disebut juga dengan sell “naked” call), yaitu dengan menjual Call Option kepada orang yang melakukan strategi Long Call (pembeli call option), sehingga strategi ini adalah kebalikan dari Long Call.

Sebagai pihak yg melakukan Short Call, maka kita berkewajiban menjual saham pada strike price (harga perjanjian) apabila di – exercise (dieksekusi) oleh pihak pembeli call options selama masa berlakunya kontrak. Jika pihak penjual tidak memiliki sahamnya maka ia harus membelinya di pasar untuk memenuhi kewajibannya. Strategi ini dilakukan jika kita memperkirakan harga saham akan turun atau sideways. Maksimum keuntungan dengan strategi ini terbatas senilai premi yang dibayar pihak pembeli call option, , sedangkan maksimum resikonya tak terbatas, seiring dengan kenaikan harga sahamnya

Kelebihan strategi ini :
a. Profit atau keuntungan didapat apabila harga saham turun atau bergerak sideways
b. Pengaruh time decay (penyusutan time value) menguntungkan

Kekurangan strategi ini :
a. Potensi keuntungan yang terbatas sebesar premi yang dibayar pembeli call options
b. Potensi Kerugian yang tak terbatas
c. Butuh modal yang besar karena pihak broker (pialang) akan meminta margin di account kita.

4. Short Put (sering disebut juga dengan sell “naked” put), yaitu dengan menjual put Option kepada orang yang melakukan strategi Long put (pembeli put option), sehingga strategi ini adalah kebalikan dari Long put.

Sebagai pihak yg melakukan Short Put, maka kita berkewajiban membeli saham pada strike price (harga perjanjian) apabila di – exercise (dieksekusi) oleh pihak pembeli put options selama masa berlakunya kontrak. Strategi ini dilakukan jika kita memperkirakan harga saham akan naik atau sideways. Maksimum keuntungan dengan strategi ini terbatas senilai premi yang dibayar pihak pembeli put option, , sedangkan maksimum resikonya tak terbatas, seiring dengan penurunan harga sahamnya.

Kelebihan strategi ini :
a. Profit atau keuntungan didapat apabila harga saham naik atau bergerak sideways
b. Pengaruh time decay (penyusutan time value) menguntungkan

Kekurangan strategi ini :
a. Potensi keuntungan yang terbatas sebesar premi yang dibayar pembeli put options
b. Potensi Kerugian yang tak terbatas
c. Butuh modal yang besar karena pihak broker (pialang) akan meminta margin di account kita