Sunday, May 11, 2008

Fundamental dan Technical Analysis

Fundamental Analysis adalah suatu metoda penilaian harga saham suatu perusahaan dengan menganalisa berbagai laporan keuangan yang diberikan perusahaan diantaranya laporan keuntungan (total income) , penjualan (total sales) , pertumbuhan keuntungan (income growth), pertumbuhan penjualan (sales growth), asset dan hutangnya, dan lain lain. Dengan demikian penilaian ini akan memberikan informasi kepada investor tentang kinerja perusahaan tersebut di masa depan.

Untuk memastikan bahwa suatu perusahaan benar-benar berkinerja baik, investor juga diharapkan membandingkan laporan-laporan keuangan perusahaan tersebut dengan perusahaan sejenis atau kompetitornya. Salah satu website yang bagus untuk menganalisa suatu perusahaan adalah http://moneycentral.msn.com/investor/research/wizards/SRW.asp

Anda hanya tinggal memasukkan kode saham yang diinginkan.


Technical analysis merupakan analisa untuk memprediksi harga suatu saham berdasarkan grafik atau chart harga saham sebelumnya. Technical analysis ini sekarang banyak berkembang dengan berbagai macam indicator, namun bagi kebanyakan investor suatu saham yang dikategorikan memenuhi syarat dalam technical analysis jika :

1. Trend dalam jangka waktu 1 tahun terakhir naik 45 derajat.(untuk up trend) atau 45 derajat turun (untuk down trend)
2. terbentuk support dan resistance yang kuat.